Kearifan Lokal Permainan Rakyat di Jawa Barat (Studi Kasus di Kelompok Belajar Anak Harapan Coudrin)
DOI:
https://doi.org/10.62504/jimr947Keywords:
Children, Culture, Folk GamesAbstract
Permainan rakyat merupakan warisan budaya yang menunjukkan nilai sosial, budaya, dan tradisi. Permainan rakyat sering digunakan sebagai inspirasi dalam berkarya. Di zaman ini teknologi mulai meningkat sehingga generasi sekarang lebih memilih untuk bermain dengan perangkat elektronik. Sehingga minat terhadap permainan rakyat mulai menurun. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana wujud permainan rakyat yang dapat dimainkan oleh anak-anak generasi alpha. Tujuannya untuk mengangkat dan melestarikan permainan rakyat agar dapat disukai oleh anak-anak. Strateginya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan observasi di Kelompok Belajar Anak Harapan Coudrin. Sampel penelitian ini adalah anak-anak yang ada di Kelompok Belajar Anak Harapan Coudrin. Hasil penelitian di tengah majunya teknologi sekarang ini, masih banyak anak-anak yang tertarik pada permainan rakyat, terutama engklek. Kecintaan ini memunculkan rasa nasionalisme yang kuat pada permainan rakyat.
Downloads
References
Alya, S. H., Pandanwangi, A., & Effendi, I. Z. (2023). Dekonstruksi Seni Lukis Tradisional Jelekong sebagai Ekspresi Visual. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 599–608. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1347
Apriati, Y., Azkia, L., & Alfisyah, A. (2021). Pendidikan Sosial Budaya Berbasis Permainan Rakyat di Masyarakat Lahan Basah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4952–4960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1489
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (J. Young (ed.); Fourth Edi). Sage Publication Inc. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Design. In C. Neve (Ed.), SAGE Publication, Inc (Third Edit). SAGE Publication Inc. http://www.methodspace.com/groups/MixedMethodsresearchers/
Dermawan, W., Purnama, C., & Mahyudin, E. (2020). Penguatan “Kaulinan Barudak Sunda” sebagai permainan tradisional. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.28798
Fajar, Y. W., & Izzah, L. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar di desa karangasem kabupaten lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 4–5. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3471
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Pelita PAUD, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Halimah, L. (2018). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10509
Ilyasir, F. (2020). Pendidikan demokratis di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25998
Jamhari, J. (2014). Pasang Surut Hubungan Agama-agama Jawa. Studia Islamika, 7(1). https://doi.org/10.15408/sdi.v7i1.720
Kuncoroputri, S. A., Pandanwangi, A., & Suryana, W. (2023). Ekspresi Visual Human Emotion Dalam Karya Seni Lukis. Aksara, 9(3), 1511–1518. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1511-1518.2023
Nuraini, D., Budiarvin Septiadi, A., Harmani, A., Deniansah, F., & Pandanwangi, A. (2023). Material Bubuk Mesiu dalam Proses Berkarya Seniman Cai Guo-Qiang. Ideas Publishing, 9(1), 277–284. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1173
Putri, A. B. U., & Hasyim, N. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek melalui Teknologi Digital Interaktif. Jurnal Rupa, 2(2), 122–124. https://journals.telkomuniversity.ac.id/rupa/article/view/1011/845
Putri, K. E., Wahyudi, Santi, N. N., & Sahari, S. (2021). Penyuluhan Kepada Orang Tua Tentang Bijak Mengenalkan Semartphone Pada Anak. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 33–41.
Ratnadewi, R., Pattipawaej, O. C., Wardani, R., Ida, I., & Pandanwangi, A. (2023). Wise education in the use of gadgets. Community Empowerment, 8(6), 814–822. https://doi.org/10.31603/ce.8354
Siikala, L.-A., Enden, R., Teppo, K., Leino, P., Viikari, A., & Nayho, K. (2001). Myth and Mentality Studies in Folklore and Popular Thought. In L.-A. Siikala (Ed.), Swedish Mentality. Finnish Literature Society. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21435/sff.8
Susilowati, I. (2019). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. Prosiding Senias 2019, 3, 103–111.
Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236
Yusup, R., Utomo, Agustini, U., & Abidin, Z. (2023). Analisis Beberapa Permainan Tradisional Sunda dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 67–78. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.126
Zaini Alif, M. (2009). Permainan Rakyat Jawa Barat Dalam Dimensi Budaya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bandung. http://bpad.jogjaprov.go.id/coe/article/permainan-rakyat-jawa-barat-dalam-dimensi-budaya-678
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nicole Dorotea Ednica, Angelina Rianti, Paramita Jovita, Elinda Eka Christyani (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.